Telpon: 0370-6177440 Email: [email protected]

Evaluasi PCBL dan Lomba Kampung Sehat

Mataram – Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melakukan evaluasi Penanganan Covid-19 Berbasis Lingkungan (PCBL) dan Lomba Kampung Sehat, bertempat di Aula Pendopo Walikota Mataram, Senin (13/07/2020).

Dalam kesempatan yang didampingi Sekretaris Daerah tersebut, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menjelaskan PCBL dan Lomba Kampung Sehat memiliki tujuan yang baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tingkat lingkungan.

Dalam rapat tersebut Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menekankan kepada seluruh kepala SKPD untuk melakukan pembinaan sesuai tugas yang diberikan melalui Surat Keputusan (SK) Walikota nomor 084/446.a/BPBD/VI/2020 Tentang Penunjukan Koordinator Pelaksanaan Penanganan Covid-19 Berbasis Lingkungan Dalam Rangka Pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Tingkat Kota Mataram Tahun 2019.

Dalam SK tersebut dijelaskan Kepala SKPD menjadi koordinator dalam membina lingkungan dan memliki tugas sebagai berikut:
a. melaksanakan pembinaan dan pengkoordinasian pelaksanaan Penanganan COVID-19 Berbasis Lingkungan (PCBL) pada tiap-tiap Lingkungan di masing-masing wilayah Kelurahan penugasan;
b. membantu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam rangka optimalisasi Penanganan COVID-19 Berbasis Lingkungan;
c. mendampingi pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Tingkat Kota Mataram;
d. memberikan saran, masukan dan arahan kepada Tim Pelaksana Percepatan Penanganan COVID-19 Berbasis Lingkungan;
e. memberikan data informasi perkembangan yang terjadi di wilayah penugasan; dan
f. melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan kepada Walikota Mataram.

Walikota Mataram H. Ahyar Abduh juga menjelaskan tantangan terberat yang akan dihadapi saat ini adalah masyarakat yang sudah menganggap situasi dan kondisi sudah kembali norma.

“Kita memang sedang berhadapan dengan masyarakat yang secara psikologis sudah menormalkan diri, jadi tidak mudah.” Ujarnya. (*)

Related News