Telpon: 0370-6177440 Email: [email protected]

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Covid-19 Se NTB

Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat L. Martawang mengikuti rapat via teleconference yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi NTB H. L. Gita Ariadi beserta seluruh perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Bencana Non Alam Corona Virus Disease (Covid-19) se-Provinsi  NTB, Kamis (26/03/2020).    

Pertemuan tersebut membahas perkembangan pencegahan dan penanganan covid-19 di seluruh wilayah NTB.

Dalam laporan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat L. Martawang menjelaskan beberapa hal yang telah dan akan dilakukan di Kota Mataram, pertama mengalokasikan dana khusus sebesar Rp. 45 Milyar untuk penanganan Covid-19. Kedua merencanakan alokasi dana kelurahan untuk pencegahan covid-19 ditingkat kelurahan dengan memberikan masyarakat fasilitas berupa tempat cuci tangan bersih dan penyemprotan disinfektan.

Ketiga, membuat skema penanggulangan covid-19 melalui tiga tahapan yakni pencegahan, penanganan, dan pasca penanganan. Keempat, membuat himbauan pencegahan covid-19 baik visual dan audio visual melalui baliho, pamflet, website dan memanfaatkan sarana ibadah masyarakat seperti masjid dan tempat ibadah lainnya.    

Kelima, Kota Mataram telah menyemprotkan 600 titik disinfektan dan akan terus melakukan penyemprotan kembali oleh gugus tugas. Keenam, sejauh ini Kota Mataram telah mencatat laporan terkait covid-19 dengan kondisi 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 93 Orang Dalam Pengawasan (ODP). Ketujuh, membantu puskemas dalam menangani pasien dengan memasang tenda BPBD. Kedelapan, RS Kota Mataram menyiapkan Graha Mataram sebagai pusat penangan covid-19.

Dengan segala rencana dan apa yang telah dilakukan, semua pihak berharap pencegahan covid-19 bisa berjalan dengan baik dan wabah ini segera berlalu

Related News