Telpon: 0370-6177440 Email: [email protected]

Skema Vaksin Anak dan Booster, Dorong Percepatan Vaksinasi Kota Mataram

Asissten I Setda Kota Mataram L. Martawang pimpin rapat koordinasi bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram, bertempat di Ruang Rapat Asisten I Setda Kantor Wali Kota Mataram. Kamis (27/01/2022)


Rapat tersebut membahas perkembangan vaksin anak usia 6 sampai dengan 11 tahun, dan strategi vaksin booster di Kota Mataram. Lebih spesifik Asisten I Setda Kota Mataram L. Martawang mengusulkan pendistribusian vaksin anak dilakukan oleh Puskesmas seluruh Kota Mataram di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kota Mataram. Sementara vaksin booster (lansia dan komorbid) dilakukan oleh pihak RSUD Kota Mataram. “dengan skema ini memungkinkan kedua vaksin bisa berjalan beriiringan dan tidak terganggu satu sama lain” ungkapnya.


Namun, jika ada masyarakat yang datang ke Puskesmas untuk vaksin booster, Puskesmas dapat melayani selama vaksin tersebut tersedia. Dengan kondisi yang sama jika ada anak yang datang vaksin ke RSUD Kota Mataram, anak tersebut dapat dilayani, selama vaksin anak juga tersedia di RSUD Kota Mataram.
Khusus untuk vaksin anak, akan dilakukan singkronisasi data dan penyusunan jadwal ulang, karena beberapa waktu yang lalu vaksin anak sempat terhenti yang disebabkan oleh kekurangan ketersediaan vaksin dari Pemerintah Provinsi NTB.


Lebih jauh, L. Martawang merencanakan kick off vaksin booster bisa dimulai dari Pendopo Wali Kota Mataram, setelah mendapat lampu hijau dari Wali Kota Mataram. Kemudian akan dilaksanakan di tempat umum seperti Mall, tempat perbelanjaan lainnya ataupun tempat strategis lainnya yang mudah dijangkau masyarakat. Dengan skema ini diharapkan target percepatan vaksin untuk anak dan vaksin booster di Kota Mataram dapat memenuhi target yang ditentukan.

Related News